Bahasa Pemrograman Terbaik untuk Calon Hacker


Benarkah untuk menjadi hacker kita harus menguasai bahasa pemrograman? tidak juga. Karena ada banyak sekali tools diluar sana yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan kegiatan pentesting atau mencari kelemahan kelemahan suatu sistem. Tapi…

Seseorang yang menggunakan aplikasi buatan orang lain dan terbatas pada kemampuan aplikasi itu saja sebenarnya disebut Script Kiddie, bukan Hacker.

Meskipun dengan menjadi Script Kiddie calon hacker sudah berada di jalur, namun seharusnya kemampuan itu bisa di kembangkan lagi dengan mempelajari bahasa pemrograman.

Ada beberapa alasan kenapa calon hacker mestinya belajar bahasa pemrograman .
Mengapa belajar programming?

Programming adalah skill terbaik yang bisa dipelajari di dunia IT
Hacker-hacker ternama memulai debutnya dari programming
Dengan mempelajari programming, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan jadi lebih besar
Mengijinkanmu untuk menerapkan solusimu sendiri
Mampu mengedit dan mengembangkan program yang sudah ada dan menyesuaikan dengan skenario mu sendiri

Ketika kita berada di level script kiddie. Kita mengandalkan tools buatan orang lain. Dalam hal ini segala file dan kegiatan yang dihasilkan berkemungkinan besar terdeteksi oleh antivirus. Karena antivirus (salah satu fungsinya) mendeteksi melalui pola daripada hasil koding yang tool itu hasilkan.

Ok! Saya mau belajar pemrograman, darimana saya harus memulai? Bahasa program itu ada banyak sekali.

Tips memilih bahasa pemrograman
Untuk menjadi hacker seperti di film-film kamu harus menguasai banyak bahasa pemrograman. Karena aplikasi atau website yang kita maksud diprogram dengan bahasa pemrograman yang berbeda-beda.

Namun, mempelajari semuanya bukan pilihan yang terbaik. kamu akan terus terusan belajar tanpa menghasilkan apapun.
Jadi menurut saya pelajari satu saja sampai expert.
Karena pada dasarnya penggunaan bahasa program itu mirip mirip saja, dan tidak wajib juga kita menghapal syntax nya, yang paling penting disini adalah bagaimana konsep bahasa program itu digunakan, alogaritma, dan struktur data.
Jika kita sudah menguasai satu, maka berpindah ke bahasa lain akan sangat mudah. Hanya membutuhkan sedikit penyesuaian.
Jadi, kuasai satu saja terlebih dahulu, bahasa program yang lain belakangan.
Nah, cara terbaik untuk belajar bahasa program adalah dengan membuat suatu project yang nyata. Karena hasilnya bisa kita pamerkan ke siapapun untuk menyemangati kita (tanpa semangat ini, mungkin kamu akan bosan mempelajarinya).

Project nyata inilah yang akan kita jadikan patokan dalam memilih bahasa program untuk pertama kalinya.
Misalnya kamu ingin membuat aplikasi android maka mulailah dengan Java, atau Kotlin
Ingin membuat aplikasi web bisa dimulai dengan salah satu dari banyak bahasa program seperti JavaScript, Python, Php.
Untuk membantumu dalam memilih bahasa program berdasarkan apa yang ingin kamu buat, bisa menggunakan bantuan situs ini http://www.bestprogramminglanguagefor.me

Bahasa pemrograman terbaik yang direkomendasikan untuk Hacker
Lalu bahasa apa yang direkomendasikan banyak praktisi untuk keperluan hacking?
Yaitu bahasa python.
Mengapa python?
Python merupakan bahasa program yang paling mudah dibaca oleh manusia sehingga, mudah dipelajari bagi pemula
Python mempunyai banyak library untuk menunjang kegiatan pentesting/hacking
Python dapat kamu gunakan untuk menulis banyak program, meskipun itu tidak berkaitan dengan hacking
Banyak tools yang kita bicarakan di awal tadi yang ditulis dengan python, sehingga jika kita mempelajari python maka kita akan mengerti apa yang sebenarnya di kerjakan oleh program tersebut dibelakang layar.

Contoh penggunaan library yang berkaitan dengan Hacker menggunakan python:
import subprocess #mengimport modul subprocess dari library python
subprocess.call(“ifconfig wlan0 down”,shell=True)
subprocess.call(“ifconfig wlan0 hw ether 11:22:33:44:55:66”,shell=True)
subprocess.call(“ifconfig wlan0 up”,shell=True)

sub process mengijinkan kita menjalankan command di dalam shell linux. Dengan mengeksekusi code python diatas kita akan mengubah mac address pada perangkat menjadi 11:22:33:44:55:66.
Mulai Belajar Bahasa python dari mana?

Kalian bisa install sololearn di Playstore secara gratis. Proses belajarnya lumayan efektif karena setelah mendapatkan materi kita akan diuji dengan quiz.

Lalu untuk video pelajaran python berbahasa indonesia yang paling bagus penjelasannya bisa mengunjungi channel youtube Kelas Terbuka. Dimulai dari Python Dasar sampai Object Oriented Programming Python.

Saya sudah menguasai satu bahasa pemrograman. Selanjutnya apa?
Misalnya, bagaimana kamu bisa melakukan serangan sql injection jika kamu tidak mengerti bahasa sql, atau bahkan tidak mengerti bagaimana cara kerja suatu website dalam memproses ijin masuk. Maka dalam hal ini kamu harus belajar sql dan belajar bikin website.

Hacker dan Programmer itu sama saja, perbedaan yang mencolok dari keduanya adalah apa tujuannya. Programmer memastikan bagaimana program bisa berjalan dan Hacker menguji apa yang salah pada program itu dan memanfaatkan kesalahan tadi.

Jadi, Jika kamu ingin mencari cari kelemahan di aplikasi android, maka pelajari cara membuat aplikasi android. Jika kamu ingin mencari kelemahan di sisi server maka pelajari cara membuat backend server dan seterusnya.

Tidak ada bahasa pemrograman terbaik, semuanya memiliki penggunaan yang optimal pada blok masing masing. Oleh karena kamu sudah menguasai satu bahasa pemrograman maka mudah saja untuk menguasai bahasa yang lain.

Hal ini tidak seperti kita ingin ke mall (finish) lalu memilih satu atau dua pilihan jalan saja. Tapi seperti masuk ke hutan yang amat luas yang harus kamu tandai pohon pohonnya. Tidak ada cara instan untuk menguasai semuanya. Dan memang tidak di design untuk dikuasai semua.

Tapi semakin banyak pohon yang kita tandai, maka semakin banyak pula peluang kita untuk menerobos sesuatu. Jadi kalau ada yang tanya “bisa hack facebook tidak?” jawabannya sama seperti : “Bisa bikin sistem login seaman facebook tidak?” ditambah “Bisa menemukan kelemahannya tidak?”. Hal itu seperti menandingkan satu orang dengan satu perusahaan.

No comments:
Write komentar